Strengthen Your Feet: 6 Barefoot Games for Kids for A Fun Afternoon! - Pyopp Barefoot

Strengthen Your Feet: 6 Barefoot Games for Kids for A Fun Afternoon!

Posted by Jacqualine Elena on

English ver.

Hello Pyopple! Our hands are very much used to doing daily activities like writing, drawing, tapping on the Ipad also counts! But how about their feet and toes? Pyopp team gets a chance to talk to Dr. Hanto today, as he shares some barefoot games for stronger feet and also an instant fun!

Q: Hello doctor! Are there some exercises/games specifically made to strengthen feet muscles?

A: There is a training called Foot Gymnastics, specifically designed to help the development of feet, ankles and soles. This training can be done by and can be beneficial for kids and adults. For kids, it will help them keep a healthy foot structure. As for adults, these games will help to strengthen the feet and combat early signs of flat feet, plantar fasciitis, in-toeing or out-toeing and other foot problems. 

These games/training follow the barefoot principles, so be sure to do it barefoot and encourage children to really move their feet, sole, ankles and calf while playing. 

  • Pick it up: Spread a few little items (Lego, pebbles, marbles, etc) on the ground next to a bucket, bowl or glass. Ask the kid to pick the objects up using their feet and put it into the container as much as they can with the limited time. 
  • Throw as far as you can: Pick an object up with toes and throw it as far as you can. One that throws the farthest wins the game. Don’t forget to choose an object that is not easily broken or can break other items. 
  • Feet storage: Pick objects up using your feet and hold on to them, while picking up other objects. One who can store the most objects in between their toes wins the game!
  • Tug of war: Sit across each other, hold edges of a little towel, old t-shirt or a piece of fabric using your toes. Then, pull as hard as you can until one lets go. One that still holds on to the fabric wins the game. 
  • Write your name: Try holding onto a pen or pencil with your toes and write your name on a piece of paper. Do it as nicely as you can!
  • Musical feet: like the game musical chairs, sit in a circle and pass along an item using only feet. When music stops, one with an item on their feet loses the game. Do this until one winner is chosen at the end of the game!

Indonesian ver.

Hi Mamas, tangan beserta jari tangan anak-anak (dan juga kita) boleh dibilang sudah banyak sekali melakukan aktivitas fisik: menulis, menggambar, dan.. main iPad juga termasuk hehe! Tetapi bagaimana dengan kaki dan jari kaki mereka? Berikut merupakan informasi dari dr Hanto mengenai permainan yang bisa Mamas mainkan bersama anak-anak untuk menguatkan dan menyehatkan kaki mereka dan… have an instant time of healthy fun! Sembari bersenang-senang, bersehat-sehat pula :)

Q: Hi Dok, Apakah ada permainan untuk menguatkan otot kaki? Jika Ada, tolong berikan contohnya ya!

A : Ada suatu metode permainan atau latihan yang dirancang untuk membantu perkembangan dan memperkuat kaki serta pergelangan kaki dan kaki bagian bawah, yang disebut Foot Gymnastic. Permainan ini  dapat dilakukan dan bermanfaat baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.  
Pada anak-anak permainan ini akan membantu menjaga struktur kaki anak-anak sehat, normal dan kuat. Sedangkan pada orang dewasa, permainan ini dapat membantu memperkuat otot kaki dan sebagai terapi awal bila terdapat tanda-tanda kaki datar, nyeri pada telapak kaki (plantar fasciitis), masalah gaya berjalan (in-toeing atau out-toeing) dan masalah kaki lainnya. 
Prinsip permainan dan latihan ini adalah permainan bertelanjang kaki (barefoot), yang bersifat  menghibur dan merupakan cara-cara yang sehat untuk menjaga anak-anak kuat dan kompeten secara fisik. Ingatlah untuk melakukan semua kegiatan ini sambil bertelanjang kaki dan pastikan untuk mendorong anak-anak untuk benar-benar menggerakkan jari-jari kaki, telapak kaki, pergelangan kaki dan betis saat bermain.

  • Permainan mengambil objek dengan kaki, Sebarkan beberapa benda kecil (Lego, batu kerikil, kelereng, dll) di tanah di samping ember, mangkok atau gelas. Kemudian minta anak yang terlibat dalam permainan mengambil objek dan memindahkan sebanyak mungkin objek ke dalam wadah yang sudah disediakan.  Anak hanya dapat menggunakan jari kaki mereka dengan batas waktu yang ditentukan (misalnya 3-5 menit). Anak dengan benda paling banyak yang dipindahkan yang menang.   
  • Permainan melempar objek dengan kaki, Ambil sebuah objek dengan jari-jari kaki, tarik lemparkan objek sejauh anak bisa. Anak yang melempar objek yang terjauh menang. Ini dapat dimainkan sendiri maupun dalam kompetisi dengan Mama (atau anak lain). 
  • Permainan menumpuk / menyimpan objek di kaki, Ambil objek dengan jari-jari kaki dan simpan sebanyak mungkin di antara jari kaki. Contoh objek yang bisa digunakan adalah lembaran kertas, lembaran plastik, bola kecil atau batang korek api (yang pemantiknya sudah dibersihkan). Anak yang bisa menyimpan objek yang terbanyak menang.
  • Permainan mengoper benda dengan kaki, Ini seperti permainan kursi musik dimana pasien berpindah tempat duduk ketika musik dimainkan. Ketika musik berhenti, orang yang tidak mendapat tempat duduk akan kalah.  Tetapi alih-alih berpindah tempat duduk, kelompok (atau pasangan) anak  mengoper tongkat satu sama lain hanya dengan menggunakan kaki mereka sambil dimainkan musik. Ketika musik berakhir, siapa pun yang memegang tongkat akan kalah. Permainan ini bisa dimodifikasi seperti memindahkan gelas plastik dengan kaki atau memindahkan gelas kaki menggunakan tongkat atau mengoperkan bola
  • Permainan merebut kain atau handuk, Duduklah berhadap-hadapan dan gunakan handuk, T-shirt atau sepotong kain yang dipegang masing-masing dengan jari-jari kaki. Tarik dan tarik hanya menggunakan jari-jari kaki untuk memegang kain - sampai seseorang harus melepaskannya. Anak yang masih memegang kain itu menang.
  • Menulis atau menggambar dengan kaki, Cobalah untuk menulis nama atau melukis gambar kecil dengan kaki. Coba agar tidak meninggalkan jejak cat atau coretan.  

Banyak permainan atau kegiatan lain yang bisa dilakukan dengan kaki telanjang (barefoot) yang bisa membantu melatih kekuatan otot kaki misalnya berlari di pantai, senam,  gymnastic yang memerlukan keseimbangan kaki, dan memanjat dengan kaki telanjang. Semua kegiatan tersebut  tentu harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan pengawasan.
Itu adalah contoh permainan dan kegiatan untuk melatih perkembangan dan kekuatan otot kaki. Kegiatan tersebut baik bila dilakukan secara teratur dan tentu saja dapat dimodifikasi sesuai dengan usia anak.
 
Salam,

Dr. Hantonius

← Older Post Newer Post →

Leave a comment

Barefoot Journal

RSS
Ini Cerita Dibalik Pembuatan Tapak Barefoot Flip-Flops - Pyopp Barefoot

Ini Cerita Dibalik Pembuatan Tapak Barefoot Flip-Flops

By Pyopp Graphic

Pyopple, Tapak Barefoot Flip-Flops lahir dari keresahan kami terhadap penggunaan sandal jepit. Kami membaca bahwa ternyata, pemakaian sandal jepit memiliki konsekuensi untuk kaki di kemudian...

Read more
Apakah Kaki Anakku Sehat? Coba Cek Sudut Hallux nya! - Pyopp Barefoot

Apakah Kaki Anakku Sehat? Coba Cek Sudut Hallux nya!

By Pyopp Graphic

Kesehatan kaki anak adalah satu aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Salah satu parameter yang sering diabaikan namun tetap memiliki dampak signifikan adalah sudut...

Read more