Mengapa Mama Harus Mengajak Anak ke Pantai Sekarang? Ini 4 Rahasia Pasir yang Perlu Mama Ketahui!

Posted by on

Hi Mamas, please take time to bring the little to the beach! It’s good for them (and for you too)! Biarkan mereka tanpa sandal/sepatu berjalan & bermain di atas pasir. Saya sendiri baru saja short break ke Belitung, dan manfaat jangka pendeknya terasa sekali di anak saya (untuk poin no 3). 

 

Ini 4 rahasia pasir yang perlu Mama tahu;

Olahraga (yang menyenangkan pastinya)

Berjalan di pasir (dengan atau tanpa sepatu) menurut Journal of Experimental Biology 1998*, membakar lebih banyak kalori dibandingkan berjalan di aspal/trotoar. Berjalan di pasir yang kering membakar 2.1-2.7 kali lebih banyak (beautiful view of the sea is a another plus too!).

Menguatkan otot kaki

Pasir memiliki resistensi tersendiri. Berjalan di atas pasir akan terasa lebih sulit dibandingkan berjalan di jalanan yang rata. Setiap melangkah, kaki kita akan “terkubur” ke dalam pasir sehingga tiap otot kaki dan betis harus bekerja ekstra untuk mengangkat dan menggerakkan kaki ke depan. Semua ini membantu menguatkan kaki, pergelangan kaki, dan betis.

Membantu mengatasi sulit tidur

Pasir merupakan bahan dari alam, sehingga berjalan telanjang kaki di atas pasir (terutama pasir yang basah) merupakan earthing method yang baik. Teori di balik “earthing” adalah: bumi memiliki energi elektrik yang dapat masuk ke tubuh melalui telapak kaki dan menetralkan ion-ion negatif di dalam tubuh si kecil (dan tubuh kita juga). Jika anak Mamas sering sulit/rewel ketika tidur, cobalah sering-sering bertelanjang kaki di atas kaki yang basah. Anak saya bukan anak yang mudah tidur dan gampang terbangun, dia sangat peka terhadap bunyi & cahaya. Tetapi dia tidur 10 jam nonstop di malam hari tanpa nangis sedikit pun setelah main pasir sekitar 1 jam di siang harinya. Selain memperbaiki kualitas tidur, earthing memiliki banyak manfaat kesehatan lain bagi penderita diabetes dan memberikan manfaat bagi aliran darah & jantung.

Pertanyaan, apakah ada solusi earthing jika anak kita masih bayi atau belum bisa berjalan? Ada 2 solusi;

Biarkan si kecil "menyentuh" pasir dengan tangannya.Jika bayi Mama masih sangat kecil, gendonglah si kecil tanpa menggunakan alas kaki. Gunakan baju yang sangat minimalis & usahakan adanya skin contact dengan si bayi yang digendong

Meningkatkan Proprioception

Proprioception adalah kemampuan tubuh untuk merasakan stimulasi dari tubuh (biasanya kaki) terhadap posisi, gerak, & berkaitan dengan keseimbangan. Itulah sebabnya bertelanjang kaki sangat baik terutama untuk bayi yang sedang belajar jalan & masih belajar mengenai keseimbangan. Sepatu olahraga dengan bantalan (cushion) & sol yang tebal akan menghalangi proses belajar ini. Selain itu, sering bertelanjang kaki akan membantu proses sinergi stimuli dan otak, sehingga sering dikatakan bertelanjang kaki dapat membantu meningkatkan memori & kecerdasan (bagus sekali kan, Mamas?).

 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berjalan di atas pasir,

Hindari bermain pasir di tengah hari yang terik. Usahakan bermain di pagi atau sore hari, dan gunakan sun screen untuk melindungi kulit si kecil dari sinar UV.

Hati-hati terutama jika berjalan di pasir yang kering, yang ikut bergerak sesuai langkah kaki kita, karena permukaan yang tidak stabil/empuk ini meningkatkan risiko injury terutama di bagian pergelangkan kaki. Hal ini sama seperti menggunakan sepatu yang terlalu empuk. Sepatu dengan sol yang datar dan tanpa/sedikit bantalan akan lebih aman bagi kaki.

Banyak sekali kan manfaatnya, Mamas? Yuk, ajak si kecil lebih sering ke pantai!

*Journal of Experimental Biology: Mechanics and Energetics of Human Locomotion on Sand, Belgian, 1998.

← Older Post Newer Post →



Leave a comment