Apakah Kaki Anakku Sehat? Coba Cek Sudut Hallux nya! - Pyopp Barefoot

Apakah Kaki Anakku Sehat? Coba Cek Sudut Hallux nya!

Posted by Pyopp Graphic on

Kesehatan kaki anak adalah satu aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Salah satu parameter yang sering diabaikan namun tetap memiliki dampak signifikan adalah sudut hallux kaki. 

 

 https://www.midtownfootcare.com/blogs/item/130-bunions-and-associated-problems

Source: https://www.midtownfootcare.com/blogs/item/130-bunions-and-associated-problems 

 

Idealnya, sudut hallux yang sempurna adalah 0°, namun masih dikategorikan normal jika sudutnya <15°

 

Mengapa Sudut Hallux Kaki Anak Berubah?


Sebenarnya sebagian besar anak terlahir dengan sudut hallux kaki yang sempurna. Namun ketika mereka mulai memakai sepatu yang bagian depannya menyempit, hal tersebut mempengaruhi perubahan sudut hallux mereka (1).

 

Sebuah penelitian(2) yang dilakukan terhadap 858 anak preschool di provinsi Austria menyatakan bahwa hanya ada 23.9% anak yang sudut kakinya lurus secara sempurna. Sisanya mereka memakai sepatu dengan ukuran yang tidak pas sehingga sudut hallux kaki mereka miring. 

 


Source: Number of children in the 5 categories of hallux valgus angles. (source: Klein et al. [2])

 

Memangnya kenapa kalau sudut hallux kaki anakku miring?


Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Foot and Ankle Surgery pada tahun 2018 menyatakan bahwa anak-anak dengan sudut hallux yang miring (bunion) memiliki pola berjalan dan tingkat keseimbangan yang berbeda dengan anak-anak tanpa bunion. Karena itu, anak-anak yang memiliki bunion lebih sulit melakukan aktivitas seperti berlari, melompat dan naik tangga. Mereka juga lebih sering mengalami nyeri kaki terutama ketika memakai sepatu yang sempit, kelak ketika dewasa.


Lalu, bagaimana cara untuk mencegahnya?


Pyopple, untuk mencegah sudut hallux miring, biasakan si kecil untuk bertelanjang kaki sesering mungkin. Jika harus memakai sepatu, pilihlah sepatu yang menyerupai bentuk kaki mereka seperti sepatu barefoot. Dan, carilah size yang sesuai (~1 cm lebih panjang dari panjang kaki).



Source:

  • Klein, C., Groll-Knapp, E., Kundi, M., & Kinz, W. (2009). Increased hallux angle in children and its association with insufficient length of footwear: a community based cross-sectional study. BMC musculoskeletal disorders, 10(1), 1-7.
  • Kinz, W., Groll-Knapp, E., & Kundi, M. (2021). Hallux valgus in pre-school-aged children: the effects of too-short shoes on the hallux angle and the effects of going barefoot on podiatric health. Footwear science, 13(1), 29-42.


← Older Post Newer Post →

Leave a comment

Barefoot Journal

RSS
Ini Cerita Dibalik Pembuatan Tapak Barefoot Flip-Flops - Pyopp Barefoot

Ini Cerita Dibalik Pembuatan Tapak Barefoot Flip-Flops

By Pyopp Graphic

Pyopple, Tapak Barefoot Flip-Flops lahir dari keresahan kami terhadap penggunaan sandal jepit. Kami membaca bahwa ternyata, pemakaian sandal jepit memiliki konsekuensi untuk kaki di kemudian...

Read more
Why Barefoot Is Essential? - Pyopp Barefoot

Why Barefoot Is Essential?

By Arie Permadi

To be clear, she does wear minimalist shoes when conditions call for it Why Being Barefoot is The Best I. Barefoot is best for natural...

Read more