Ini Cerita Dibalik Pembuatan Tapak Barefoot Flip-Flops - Pyopp Barefoot

Ini Cerita Dibalik Pembuatan Tapak Barefoot Flip-Flops

Posted by Pyopp Graphic on

Pyopple, Tapak Barefoot Flip-Flops lahir dari keresahan kami terhadap penggunaan sandal jepit. Kami membaca bahwa ternyata, pemakaian sandal jepit memiliki konsekuensi untuk kaki di kemudian hari. Pada dasarnya, sekitar 95% bayi dilahirkan dengan kaki yang sehat*. Namun, sebuah data menyatakan bahwa 77% orang dewasa di atas 40 tahun memiliki masalah pada kaki** yang sebagian besarnya disebabkan karena pemakaian sepatu yang salah dalam jangka waktu yang lama.

 

 

Sandal jepit (sebagai salah satu alas kaki minimalis) sudah dipergunakan oleh banyak orang, namun para ahli kaki menyimpulkan bahwa sandal jepit bukanlah alas kaki yang baik. Para peneliti di Auburn University menemukan bahwa mengenakan sandal jepit dapat mengubah gaya berjalan serta mengubah gait secara perlahan yang akhirnya menyebabkan permasalahan serius pada sol kaki, tumit, pergelangan kaki dan panggul. Hal ini terjadi karena sandal jepit tidak memiliki dukungan untuk kaki, sehingga ketika dipakai, otot dan tendon kaki harus bekerja untuk mencengkram sandal dengan kuat agar tidak terlepas***.

 

 

Berangkat dari permasalahan tersbut, Tapak Barefoot Flip-Flops memiliki desain yang terinspirasi dari sandal Huarache milik suku Tarahumara di Mexico, yang dapat berlari 160 km tanpa henti dan cedera. Desain sandal Huarache yang minimalis memungkinkan kaki untuk bergerak bebas, dengan strap yang membuat sandal melekat pada kaki sehingga dapat menyesuaikan dengan kaki pemakainya secara sempurna. Fitur-fitur inilah yang menjadi basis untuk alas kaki yang sehat dan praktis, dibandingkan dengan sandal jepit.

 

 

Bersama dengan Andien Aisyah, Pyopp mempersembahkan Tapak Barefoot Flip-Flops sebagai upaya untuk mengatasi masalah yang sering terjadi karena penggunaan sendal jepit. Tanpa toe box, dilengkapi dengan sol yang tipis, rata dan fleksibel serta sistem strap yang memegang kaki dengan baik—seperti kulit kedua—-Tapak Barefoot Flip-Flops siap menemani setiap langkah si kecil secara aktif, sehat dan natural, seperti yang seharusnya.


Source

  • Gore, A. I., & Spencer, J. P. (2004). The newborn foot. American Family Physician, 69(4), 865-872.
  • Association, A. P. M. (2018, June 30). New survey reveals majority of Americans suffer from Foot Pain. PR Newswire: press release distribution, targeting, monitoring and marketing. https://www.prnewswire.com/news-releases/new-survey-reveals-majority-of-americans-suffer-from-foot-pain-259775741.html 
  • Shroyer, J. F., & Weimar, W. H. (2010). Comparative analysis of human gait while wearing thong-style flip-flops versus sneakers. Journal of the American Podiatric Medical Association, 100(4), 251-257.

← Older Post

Leave a comment

Barefoot Journal

RSS
Apakah Kaki Anakku Sehat? Coba Cek Sudut Hallux nya! - Pyopp Barefoot

Apakah Kaki Anakku Sehat? Coba Cek Sudut Hallux nya!

By Pyopp Graphic

Kesehatan kaki anak adalah satu aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Salah satu parameter yang sering diabaikan namun tetap memiliki dampak signifikan adalah sudut...

Read more
Why Barefoot Is Essential? - Pyopp Barefoot

Why Barefoot Is Essential?

By Arie Permadi

To be clear, she does wear minimalist shoes when conditions call for it Why Being Barefoot is The Best I. Barefoot is best for natural...

Read more